SABAR ITU ..


Jangan bilang itu sabar kalo masih ada batesannya. Kayak yang orang-orang sering bilang kalau sabar itu ada batesannya dan apa itu salah ?. Bukan salah sih, tapi Cuma  kurang tepat. Sabar itu bukannya kita nerima dengan pasrah apa yang terjadi atau apa yang diperlakukan mereka pada kita. Lebih tepatnya sabar itu adalah sebuah kebulatan tekad bukan kepasrahan.
Banyak kok caranya belajar sabar. Contohnya saja aku, ini cuma dari sudut pandangku aja ya. Dulunya, aku itu termasuk orang yang gak sabaran, gampang marah, gampang gak nyaman, gampang ngeluh, gampang  ngambek *yg jelek2 aja sebutin -__-. Iya, sampai akhirnya aku nemuin seseorang yang lebih parah dari aku, tapi entah kenapa aku cass cess sama dia. Nah, hal itu yang membuatku berusaha mati-matian buat sabar. Pas dia marah, dia ngambek, bikin nangis, bikin rasanya mau gantung diri aja. Serunya ya disitu itu. Sempet sih mikir, sepertinya sabar ku sampai sini batesnya. Pasti saat 


itu kita dihadapkan antara nyerah atau lanjut. Naluri baik sama naluri jahat pun berperang dengan argumennya.|kalau kamu nyerah, kamu gak akan naik kelas, dan usahamu selama ini gak ada gunanya|udah deh lepas aja, drpda air matamu kering| jangan dengerin, aku yakin kamu pasti bisa ngrubah dia| udah deh, masih banyak yang lebih baik| Zzzzzret !. Alhamdulillah.. ternyata aku ini orang baik, dan mau mendengar yang baik-baik. Yess, maju terus.
Nah, itu cara pertama. Sayang sama orang yang nyebelin, gampang ngambek itu penting. Patut disyukuri, soalnya dengan itu hal yang sepertinya berat akan terasa lebih ringan kayak belajar sabar.
Cara kedua. Cari aja kegiatan-kegiatan yang bisa buat nglatih kesabaran. gausa yang susah-susah. Masa belajar sabar pake acara ngerjain matematika integral, logaritma. cara lain masih banyak yang itu ntar aja. Misalnya aja ngelap semua daun-daun, haha jangan. Nih, coba aja hal-hal yang asyik aja kayak bikin clay, ngrajut, njahit dan masih banyak kok yang lain. Asalkan, tata niat dulu. Niat bener-bener buat nglatih kesabaran, dengan itu Insyaallah gak mudah nyerah kita nya. Kalau gagal ataupun hasilnya jelek, itu bukan hasil akhir kok itu proses yang menuntun kita membuat yang lebih baik lagi.
Ketiga, sosialisasi. Ikut aja organisasi, apa aja deh asal yang positif lho. Aku saranin join aja ke organisasi yang lebih kepada solidaritas, bantu-bantu orang miskin, anak yatim dan sebagainya. Itu bisa bikin kita lebih bersyukur dengan apa yang kita dapatkan sekarang. Dan kita lebih bisa mengontrol emosi kita. jadi gak gampang ngeluh, lebih menerima keadaan, dan belajar berkorban. Penting tuh !
Yang terakhir ya.. nyoba bantu masalah temen. Kasih semangat, kasih nasehat. Ini pengalaman aku sendiri kok. Akhir-akhir ini aku banyak jadi tempat curhat sahabat+temen-temen. Enak kok ternyata, meskipun kelihatannya kayak jadi beban tapi kalo nasehat kita dilakuin terus berhasil rasanya itu seneng banget. Dan akhirnya semua itu sudah tak menjadi beban kita. caranya kita harus menjadi pendengar yang baik, jangan menyalahkan, cari kata-kata yang pas yaitu kurang tepat, bikin supaya dia nyaman berbicara denganmu, kenali dulu karakter pencurhat dengan itu kita bisa nyari nyari nasehat-nasehat yang pas buat dia. Asiknya, otomatis kita nyuruh dia buat sabar. Cara nyuruh dia buat sabar itu kita juga harus sabar. Nah, ujungnya tetep sabar kan.
Oke deh, menurut opiniku itu aja tips nya buat belajar sabar. Sabar bukan berarti pasrah lo.. sabar itu usaha. Semangat semangat calon-calon sukses.

2 komentar:

azzuhruf mengatakan...

ohhh, ternyata pay lagi belajar sabar ya!!? Sabar ya, pay (klo gadepin klo lagi ngadepin aku) ... :D
Btw, tulisanmu berhasil bikin aku ngakak. Bagus!!!

Unknown mengatakan...

love you jupee..

Posting Komentar